dua minggu menjadi anak jurnal..

beuh,, ngebaca judulnya aja udah sik banget tuh kayaknya.. hahha

udah tepat dua minggu gw jadi calon anak jurnal (sebutan bagi anak” yang belum diospek)..

rasanya??

sangat enak,, rasa strawberry ditambah coklat trus ditetes vanila… ūüôā dua minggu aja rasanya dunia gw udah lama banget bener” masuk ke daerah terlarang JURNALISTIK ini.. dan gw udah serasa seabad banget ngerasain berstatus jurnal ini..

udah banyak banget tuntutan tugas yang musti gw lakuin,, banyak banget tuntutan ini itu untuk gw lakuin di beberapa minggu ke depan, bahkan dengan teganya sang dosen dengan senyum simpul mereka memberi tugas liburan LEBARAN yang gak nanggung”.. ūüė¶

gimana lebaran busa ceria kalo seandainya tiap ari lu disuruh ngerjain tugas?? huft^

kesibukan yang bertambah ini ngebuat gw ngerasa kalo gw emang saat ini gak ngebutuhin cowok, cowok baru lebih tepatnya,,

pengalaman seorang teman dekat yang ‘curhat’ pada gw disela” bubar sebuah UKM, dia cerita ke gw kalo semenjak masuk jurnal, dia ngerasa udah gak punya banyak waktu lagi buat cowoknya, dan mereka terancam putus, beuh, kebayang gak c ribetnya, haha

pasti bakal banyak banget kisah cinta yang terancam bubar dengan alasan si pasangannya sibuk dengan tugas JURNAL,, haha

virus baru pasangan JURNAL :TUGAS..

ditunggu kisah berikutnya.. ūüôā

Advertisements

^Pekanbaru-jakarta-bandung-jatinangor^

Tepat tanggal 24 Agustus.. gw balik ke bandung, bareng lia ma olan (satu paket)..
gw pakek air asia,, sekadar buat info,, air asia gak semurah yang dibayangkan, udah mahal, gak masuk biaya bagasi lagi ūüė¶ mana goncangan di dalam pesawatnya kerasa banget lagi,, ampun deh,, tapi mau gimana lagi, itu harga yang termurah dibandingkan dengan pesawat” lain dengan servis sama, tapi harga yang di pasang beda.. dan bahkan gila banget bedanya,,
kalo gw pikir” nih, kalo gw sok”an gak mau naik air asia mungkin aja gw bisa gak balik” ke kampung halaman,, (halah”..lebay!)
yaaa.. akhirnya gw bisa balik juga dengan selamat walopun gw sempet berpikir selamat apa gak ni pesawat,, maklum namanya juga baru sekali,, ūüėÄ
selama perjalanan jujur aja, gw gak tenang banget, mana tanda “pakek sabuk pengaman” nyala terus lagi.. huft..
dan yang memperparah keadaan adalah anak kecil yang duduk dibelakang gw,sumpah thu bocah gak bisa banget ngeliat gw tidur dengan tenang..
gw biasanya kalo lagi dalam perjalanan, gw sering banget tidur apalai kalo perjalanan itu membuat gw ketakutan,, dan c anak kecil yang menurut gw cukup punya tampang intelek itu udah berhasil banget buat gw gk bisa tidur,, mejamin mata dikit aja thu bocah nendang kursi gw,, dan nyanyi” gak jelas, ntah itu musik hausyang” atau musik religi..
setelah mengalami perjalanan panjang gw, akhirnya gw nyampe juga di bandara Jakarta,, terus gw dan lia-olan nyambung pakek prima jasa ke bandungnya,,
di prima jasa juga gak kalah dapet tantangan (beuhhh..) di prima jasa gw duduk di sebelah ibu” yang masuk angin,, kebayang gak sih gimana thu ibu” sendawa sambil ngolesin minyak angin ke tubuhnya?? sementara gw terduduk kaku,, karena gw gak tahan banget kalo dalam perjalanan gini nyium bau minyak angin dan denger orang sendawa masuk angin ūüė¶ rasanya gw pen muntah juga.. Tuhan.. derita apalagi ini?? ūüėõ
akhirnya gw nyampe juga di bandung dengan penuh tantangan .. hehe
gw di jemput sama dua kunyuk sahabat gw ^irin dan ile^ di bandung,, terus kita langsung menuju rumah ujung berung buat narok barang” gw, karena gw sekarang bermukim di ujung berung,, terus d next destination yaaaaaa kosan anak” do jatinangor..
bener.. hari yang melelahkan melewati empat kota sekaligus dalam satu hari.. pekanbaru, jakarta, bandung, jatinangor..:)

-the best experiences-

hari ini hari terakhir gw magang di ANTARA.. sedih juga sih,, hehehe.. kalo ngebayangin waktu magang gw yang singkat banget gini,, kalo di hitung-hitung mah gak nyampe sebulan banget,,apalagi ditambah bolos-bolosnya.. hehehe
kalo diliat” pengalaman yang gw dapetin banyak banget..apalagi kalo gw getting sendirian (tanpa asisten gw lyaa) ūüôā
kalo besoknya gw bakalan getting sendirian,, gw pasti malemnya gak bisa tidur :)) lebay banget yaaa. tapi emang gitu sih..
kalo gw mau getting dan minta temenin ma lyaa, gw pasti bilangnya malem sebelum getting nya,, jadi udh dapet kepastian lah kalo emang dia bisa apa gak nya.
jadi kalo misalnya dia gak bisa,, malemnya gw pasti mikir deh,, gw bakal gimana besok, apa yang musti gw blg,siapa yang bakal gw wawancara,, dan bla bla lainnya..
seringkali gw terkadang males kalo gw getting tanpa lya.. hahaa. jadinya banyak banget akal bulus gw supaya semuanya berjalan lancar” sajja.. dari mulai minta tolong temenin ama orang lain.. atau bahkan gw gak jadi getting dan akhirnya ngarang semua isi berita gw..:)
pokonya pengalaman magang di ANTARA sedikit banyak udah ngasih gw banyak pelajaran dan teman” yang setia banget bantuin gw dalam getting maupun nyusun berita, paling gak kalo misalnya nanti gw langsung beneran terjun ke dunia jurnalistik beneran untuk wilayah kota Pekanbaru dan sekitarnya gw udah lumayan kenal banyak orang.. hehehe
Walopun sampe akhir gw kga di bayar sedikit pun,, gw tetep seneng kok,, kan itung” pengalaman gw, masalah materi mah gak usah dipirin(halah gayaaa..) hahaha

Kepulangan ke nangor..

Huft. Masih seminggu lebih lagi ni gw balik ke nangor.. ūüė¶

Sumpah,mama curang banget.do’i besok bakal ke jakarta liburan,dan otomatis,gw ditinggal sendirian bareng kakak gw doang.huks.

Rencana awalnya,gw balik bareng c mama,dan kita berdua bareng tante gw,mau liburan ke yogya..hho.
Udah banyak banget rencana yg gw susun buat rencana perjalanan ke yogya..tp pas ditengah2 rencana itu, tiba2 nyokap males buat liburan,do’i bilang,capek banget jalan2,’lagian mama berat ninggalin papa’ halah.tumben nyokap lebay.haha.

Yaudah aja.gw ngalah n mutusin buat ngundurin baliknya gw.
B’hubung BBM naik,harga pesawat juga naik, gw susah bgd dpet peswat bwd pulang.
Bayangin aja,air asia yg tdinya ada yg 100 ribu,sekarang bisa jadi 500 ribu. ūüė¶

Huft.mau jadi apa negara ini,semuanya mahal? Sedangkan uang nya enak2 d makan oleh para koruptor? Huft.
Lama2 gw gak bsa sering2 blik x..

Finally.gw blik tgl 24 agust.
Tunggu aku jatinangor..hho

kebetulan yang nyata..

Sebagai manusia biasa kita semua pasti pernah dong ngalamin kebetulan.. hoho…n gw, sebagai manusia pernah banget ngalamin suatu kebetulan, yang bisa dibilang lucu, bahkan aneh.. ūüėõ kalo ge ceritain ke orang-orang.. mereka pasti rata-rata bilang : “hahahaha ras.. gila kok bisa??” ūüėÄ

jadi,, ceritanya adalah,, gw pernah gak sengaja berada di dekat orang-orang yang berinisial nama sama. ūüôā gw pernah menjalin hubungan dengan seseorang yang berinisial A…Maulana.. hoho yaa hubungan gw gak bertahan lama lah,, tapi walopun gitu gw ngerasa banyak kok yang berarti dia kasih buat gw. thanx for everything.. ūüôā

nah cerita gw bisa menjalin hubungan ma orang yang berinisial A…Maulana ini juga complicated banget deh. kenapa? yaa jujur karena gw waktu itu udah menjalin hubungan dengan seseorang yang bisa disebut udah deket banget ma gw selama beberapa tahun.. tapi, ya yang namanya rasa sayang timbul disaat kita gak tau kapan,. dan gak akan bisa menolaknya,, ya kan?

jadi aja gw menjalin hubugan dengan A….Maulana ini,, hubungan gw cuma terjalin selama sebulan.. :)) naas yaaak??¬† yaaa tapi dia udah ngebuat gw dewasa kok ngadapin semua masalah yang ada..

kemudian gw deket ma orang yang bernama R…. Maulana lagi.. :)) deketnya juga sama sekali gak disengaja,, percaya atau tidak gw juga baru tau nama dia maulana ya setelah gw deket ma dia.. hho..

dan hubungan gw ma yang ini gak tau deh bakal berakhir gimana.. ūüė¶

huft. yang sama maulana yang satu ini hubungan gw bener-bener gak jelas deh.. gak tau kenapa gw bisa jadi cewek bodoh yang mau aja tetep ngejalanin hubungan yang sama sekali gak jelas.. ūüė¶ karena gw cuma cewek biasa yang punya perasaan dan kesabaran.. hehehe.. ūüėõ

kemudiaaaaaaaan, itu baru dua nama kan??
hehehe

yang ketiga ada lagi.. hho. dan nama yang ketiga ini sumpah gak disangka banget,,

ya yang namanya naksir”an kan wajarlah yaa. hho, ya gw sebagai junior juga pernah ngalamin suka”an ma senior,, ūüėÄ

dan gw naksir ma dia, karena tampang arabnya yang oke punya.. ūüôā

gw sih cuma taunya dia bernama… i…. (nama disamarkan karena alasan gengsi) :))

y udah aja, selama itu pula gw dan teman” hanya menyebutnya dengan a’…

kemudian di satu hari,, gw baca satu artikel gitu di kampus yang ditulis oleh senir jurnal gw. dan ternyata penulis artikel itu, mempunyai nama belakang yang sama dengan senior yang gw taksir.. ūüėÄ

tapi nama depannya itu lho yang bikin gw kaget setengah mati.. hahahaha

MAULANA I…… hahahaha

anjirrrrrrr.. nama senior gw ini, maulana juga, ūüėÄ

y udah aja, gw langsung confirmasi ma senior gw yang lain buat nanya kebenarannya.. hehehe

dan ternyata bener, senior yang gw taksir itu juga bernama maulana..

hahahha. tiga orang sekaligus yang bersangkutan dengan gw bernama maulana, hihi ūüėÄ

kebetulan kah?? hanya tuhan yang tau.. hehehe

_kejadian ini terjadi berturut-turut_

GENSET SEBAGAI ALTERNATIF LAIN SUMBER LISTRIK LARIS

Pekanbaru, (13/8) ANTARA – Pemadaman listrik yang terjadi akhir-akhir ini di Pekanbaru, menyebabkan hampir sebagian besar masyarakat mencari alternatif lain sebagai sumber listrik. Hampir setiap hari sejak terjadi pemadaman listrik bergilir yang terjadi di Pekanbaru, toko genset yang ada di Kota Pekanbaru mengalami peningkatan. Pembelinya tidak hanya berasal dari Pekanbaru saja, tetapi juga berasal dari luar kota.
 Umumnya masyarakat membeli genset untuk keperluan yang mendesak. Firman (18), salah seorang pengguna genset mengatakan, dia terpaksa membeli karena kuatir apabila pemdaman terjadi di malam hari, ia tidak bisa belajar, sementara ia sedang menghadapi ujian semester pendek di kampusnya.
¬†“Saat sedang manghadapi ujian semester pendek ini, takutnya nanti apabila ada pemadaman listrik di malam hari, saya tidak bisa belajar,” katanya kepada ANTARA.
 Sedangkan Budi (35), salah seorang pegawai swasta membeli genset memang untuk keperluan kantor. Menurutnya, akibat pemadaman listrik aktivitas di kantornya merasa terganggu.
¬†“Kalau pemadaman terjadi di siang hari, otomatis banyak sekali pekerjaan yang tidak selesai dan menumpuk. Padahal harus cepat diselesaikan,” kata Budi.
 Putri, staf penjualan di salah satu toko peralatan listrik, menjelaskan kalau saat pemadaman listrik bergilir diberlakukan ada kenaikan penjualan yang lumayan signifikan.
¬†“Umumnya mereka mencari genset dengan kapasitas 900 watt, yang dijual dengan harga di bawah Rp 1 juta. Namun ada juga yang membeli 2 kilowatt,” terangnya.
¬†Sesuai dengan hukum ekonomi, jika permintaan meningkat maka hargapun menjadi naik. Genset buatan cina dengan daya 3000 watt yang biasanya dijual pada kisaran harga Rp. 1,8 juta sekarang dijual dengan harga Rp. 2,7 ‚Äď Rp. 3 juta.
 Meskipun biaya menggunakan genset lebih tinggi, karena kenaikan BBM, tapi minat masyarakat terhadap genset tidak berkurang. Mereka rata-rata membeli genset untuk cadangan kalau-kalau listrik padam.
 Melonjaknya permintaan genset juga dipengaruhi waktu pemadaman yang belum bisa diprediksi kan kapan akan  berakhir. Karena sampai Bulan Agustus ini masih sering terjadi pemadaman listrik yang bahkan lebih sering. 
¬†Senada halnya dengan Asiong salah satu toko “Mega Elektronik” menurutnya dalam sehari jenis genset terjual hingga tiga unit. Padahal beberapa minggu sebelumnya hanya satu unit saja dalam sehari.¬† Genset ini dipatok dengan harga Rp 2 juta. Dengan semakin banyaknya peminat genset itu, Asiong mengaku kewalahan. Ini disebabkan stok yang dia punya semakin sedikit.
¬†“Genset untuk rumah tangga dengan daya 2.000 watt, paling banyak diminati. Genset dengan daya 2.000 watt tersebut paling banyak diminati karena ukurannya yang relatif kecil dan harganya yang relatif murah. ” katanya.
¬†Padahal pasokan dari produsennya di Cina sedang terhambat. “Saya tidak tahu penyebab tersendatnya pasokan itu, tapi kalau masih belum datang juga kira-kira seminggu sudah habis,” tambahnya.
 Ia menambahkan, harga genset yang dijajakan bervariasi, mulai satu juta hingga puluhan juta rupiah. Tergantung tipe dan kekuatan suplai listriknya. Genset yang dijualnya, ada yang mampu menyuplai hingga puluhan ribu watt.
 Berbeda halnya dengan penjual genset yang lain, Rohan, mengatakan pemadaman yang terjadi yang sudah cukup lama, tidak begitu membawa dampak penjualan yang signifikan.
¬†“Walaupun begitu, penjualan saya tidak begitu mengalami kenaikan, penjualan hampir sama saja dengan hari-hari sebelum pemadaman terjadi,” kata Rohan.

-ini nih akibat mati listrik terusssss. pedagang genset yang untung,huft*-

akhirnyaaa terjadi lagi

terjadi lagi dan lagi.. huft*

i think u can find your finally choose in your heart..

if you want like this,, i can take it,, n go away,,

right now,, i can forget u,, n take my pieces of me like before..

thanx for everything.. i don’t want to be your doll.

emosi gw yang naek turun akhirnya mencapai puncaknya dengan menghadapi ketidakjelasan ini..

thanx udah buat gw gini. mengakhiri dengan ketidakjelasan lagi..

aku capek… sumpah!!

huft*

lanjutannya berita…(sesi 2)

7 Agustus..

KESEPAKATAN BERSAMA RENCANA DAERAH PENYANGGA TAMAN NASIONAL BUKIT TIGA PULUH

 Pekanbaru, 7/08 (ANTARA) РPertemuan para pihak dalam pengelolaan daerah penyangga taman nasional Bukit Tiga Puluh telah menemukan kesepakatan bersama antara pihak pemerintah, instansi yang terkait dan masyarakat sekitar.
 Menurut Ir. SRIYONO, MM pada ANTARA dalam Kegiatan RAKOR Pertemuan para pihak dalam pengelolaan derah penyangga taman nasional bukit tigapuluh, yang diadakan tanggal 6 dan 7 Agustus 2008 di Hotel Ibis pekanbaru,  selaku ketua panitia menyatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk  mencapai kesepakatan bersama tentang perencanaan yang baik, dan ditunjang dengan implementasi nyata, dan evalusia lapangan yang berkaitan dengan Taman Nasional BUkit tigapuluh di Riau dan Jambi ini.
¬†“Acara RAKOR ini memberi gambaran tentang kondisi bukit tigapuluh, karena kawasan Bukit Tigapuluh merupakan salah satu perwakilan ekosistem hutan hujan tropis daratan rendah yang mempunyai nilai konservasi dan keanekaragaman hayati yang sangat tinggi serta merupakan hutan yang masih baik penutupannya” ujarnya.
 kesepakatan yang telah dicapai ini  haruslah didukung oleh semua pihak, yakni dalam proses pemberdayaan masyarakat.  Pembentukan kelembagaan dinilai yang akan menyatukan segala kelompok-kelompok dari berbagai daerah untuk mengakomodir seluruh daerah yang terkait, termasuk sektor-sektor pertaniannya. Kemudian juga pengoptimalan sumber daya alam.  
 Selain itu, rasionalisasi ekosistem Bukit Tiga Puluh juga harus diperhatikan dengan artian bahwa dilakukan penyesuaian lingkungan Taman Nasional Bukit Tiga Puluh untuk proses pengembangan. Namun disisi lain, rasionalisasi dipandang sangat sulit dilakukan karena masalah utamanya terletak pada persoalan imigrasi yang cukup tinggi. Cara lain yang dapat ditempuh yakni menjelaskan kepada masyarakat bahwa ini adalah pengembangan kawasan bukan suatu perebutan wilayah.  Keseimbangan pendapat antara pemerintah dengan masyarakat setempat juga harus diperhatikan, dengan tetap meminta dukungan dari pemerintah pusat.
 Selanjutnya, harus dilakukan Penyatuan instansi guna mengkolaborasikan semua aspek yang terkait. Hal ini dilakukan untuk mencapai kesejahteraan masyarakat dan kelestarian ekosistem, serta tetap memperhatikan kekuatan stakeholder atau semua bagian dari program ini.  

11 Agustus..

ASOSIASI PENGUSAHA INDONESIA (APINDO) AJUKAN TAWARAN BAGI PLN DAERAH RIAU

 Pekanbaru, (11/08) ANTARA РAPINDO mengajukan bagi PLN Daerah Riau untuk mengambil alih pasokan listrik untuk Riau Daratan, menanggapi pemadaman yang melanda daerah Riau Daratan.
 H. Hamdani Tarigan selaku Ketua Umum APINDO yang ditemui ANTARA, Senin, menuturkan bahwa APINDO mampu memasok listrik 640 megawatt untuk daerah Riau daratan. Jumlah ini lebih besar daripada yang mampu dipasok oleh PLN.
¬†“Kami telah mengajukan empat alternatif untuk menanggulangi pemadaman listrik yang melanda Riau dan menyebabkan kerugian bagi perusahaan-perusahaan home industry, yakni dengan BBM, batu bara, air, dan sampah kelapa sawit. Sampah kelapa sawit adalah teknik yang kiranya memakan biaya yang relatif murah, karena Riau sendiri bisa menghasilkan watt yang lebih dari yang dibutuhkan hanya dari limbah 1.900.000 hektar kelapa sawit setiap bulannya.” Ungkap Hamdani.
 Ia menambahkan untuk keseluruhan pasokan listrik yang dibutuhkan untuk daerah Riau Daratan sendiri adalah sekitar 262 megawatt, dengan sekitar 114 megawatt masih disubsidi dari Jambi. Sedangkan Riau sendiri hanya mampu memasok sekitar 148 megawatt, yakni 112 dari PLTA koto panjang, 32 PLTA Taluk Lembu dan 3,5 PLTD Dumai.
 Kemudian ia menambahkan bahwa dalam presentasi dari pihak PLN, mengungkapkan bahwa mereka masih kekurangan dana dari pemerintah sekitar 2 triliun untuk memasok listrik. Namun, dibalik itu semua, pihak PLN juga mempunyai hutang ke bukit asa, sekitar 83 miliar terkait pasokan batu baranya.
¬†Menanggapi pemadapan listrik yang terjadi di Riau dalam beberapa bulan ini, pihak PLN sama sekali tidak mengungkapkan alasan pemadapan tersebut, namun hanya mengemukakan memang harus terjadi pemadaman saja. Pihak PLN juga menghimbau agar para ‘home industry’ yang mengalami kerugian terkait pemdaman tersebut untuk menyediakan genset untuk usahanya.
 Menurut Sastra Pandia dari bidang organisasi dan humas APINDO terkait kerugian yang telah diderita para pengusaha industri rumah tangga telah mencapai milyaran rupiah. Sampai saat ini tercatat sekitar 200 perusahaan yang telah melapor kepada APINDO bahwa mereka telah mengalami kerugian yang cukup besar. Dengan kerugian terbesar diderita oleh pegusaha perhotelan. 
¬†“Kerugian umumnya terjadi pada bagian produksi, sebagai contoh pengurangan karyawan dalam rangka pengurangan jam kerja. Banyak karyawan perhari yang tidak mendapatkan gaji karena mereka tidak dipekerjakan oleh perusahaan. Sebagai perbadingan terdapat dua dari sepuluh karyawan yang mengalami hal tersebut. Kemudian juga terjadi dalam penurunan output sekitar 15%,” Kata Sastra Pandia.
 Seharusnya dengan adanya otonom daerah, pemerintah bebas untuk menyikapi permasalahan yang melanda derahnya. Sehingga, tawaran dari pihak APINDO dirasa perlu, selain untuk memberdayakan investor yang memang telah menanamkan investasi ke Riau, juga bisa menambah perusahaan-perusahaan lain untuk menanamkan investasiya ke Riau. 

  PELUANG dan TANTANGAN FAKULTAS SYARIAH PASCA LAHIRNYA UNDANG-UNDANG PERBANKAN SYARIAH

 Pekanbaru, (11/08) ANTARA РPasca lahirnya UU No.21 Tahun 2008 tentang perbankan syariah (UU PBS) menjadi suatu peluang dan tantangan Fakultas Syariah di masa depan.
 Gubernur Riau, Wan Abu Bakar ditemui di sela-sela pembukaan Seminar dan Temu Dekan Fakultas Syariah UIN/IAIN/STAIN di Hotel Ibis, Senin, menerangkan bahwa adanya UU tersebut dapat memberi peluang yang besar namun juga dapat mendatangkan tantangan bagi lulusan Fakultas Syariah dan bank-bank dengan sistem syariah.
¬†“Sistem ekonomi Islam merupakan integral dari Islam itu sendiri. Oleh karena itu, dengan adanya bank yang bersistem syariah ini membuka peluang yang cukup besar bagi Fakultas Syariah untuk ikut andil dalam menunjang perekonomian syariah,” kata Wan Abu Bakar.
 Adanya bank-bank konvensional yang juga telah menerapkan sistem perbankan Syariah dapat membuka peluang bank-bank Syariah yang ada lebih berkembang, seperti Bank Muamalat. Bank yang menggunakan sistem perbankan Syariah ini menerapkan sistem bagi hasil yang sama sekali tidak merugikan masyarakat.
 Senada dengan Wan Abu Bakar, Rektor UIN Sultan Syarif Pekanbaru, Prof. Dr. Nazir Karim mengemukakan, dengan adanya UU Perbankan Syariah itu sendiri dapat menguatkan eksistensi Bank Syariah. paling tidak dari sisi komersial, berusaha menyamakan kedudukan Bank Syariah dengan Bank Konvensional.
¬†“Kita harus berusaha meningkatkan kualitas Bank yang berbasis perekonomian syariah dengan mempertimbangkan berbagai aspek, seperti mengembangkan kualitas SDM, Meningkatkan layanan perbankan dan menerapkan professionalisme kerja,” Kata Prof. Dr. Nazir Karim.
 Kemudian, menurut H. Mahasin selaku Dirjen Perguruan Tinggi Islam Dept. Agama RI, perlu lebih banyak sosialisasi untuk lebih memperkenalkan Perbankan dengan sistem Syariah ini karena masyarakat kita belum banyak mengenal dan masih bergantung pada bank-bank konvensional.
¬†“Sosialisasi dipandang sangat perlu guna menunjang majunya perbankan syariah kita. Masyarakat dewasa ini masih terbiasa dengan adanya bank-bank konvensional. Maka, persaingan bisa dibilang masih dianggap ketat. Oleh karena itu, dengan adanya UU PBS ini, diharapkan para lulusan Fakultas Syariah dapat memanfaatkan peluang yang besar tersebut dan siap menghadapi tantangan ke depannya,” Kata H. Muhaimin.¬†

13 Agustus..
 PENGUSAHA KECIL DI PEKANBARU KELUHKAN PEMADAMAN LISTRIK

 Pekanbaru, (13/8) ANTARA РPengusaha kecil yang ada di Pekanbaru mengeluhkan pemadaman listrik yang tidak beraturan dan dalam waktu lama karena mereka tidak dapat mengelola usahanya sehingga mengalami kerugian cukup besar.
    Seperti diungkapkan Mika (19), pemilik usaha fotokopi dan rental komputer di Pekanbaru, Rabu, mengaku pemadaman listrik banyak merugikan usahanya. Bahkan, penghasilannya berkurang hingga 50 persen dari biasanya sebab kiosnya terpaksa tutup jika PLN memadamkan aliran listrik.
¬†“Kita terpaksa tidur kalau memang listrik mati. Otomatis kios kita tutup total, mau apalagi pendapatan nggak ada, konsumen juga nggak ada karena lampu mati. Rugi dong kita,” kata Mika.
 Menurut dia, padamnya listrik menyebabkan tokonya mengalami kerugian 50 persen dari rata-rata penghasilannya satu hari. Kondisi krisis listrik itu diperparah pula mahalnya harga barang.
¬†“Sekarang semua serba mahal, kertas mahal, tinta juga mahal, ditambah dengan dimatikannya listrik tambah nggak ada penghasilan sebab tidak ada konsumen yang datang,” katanya.
 Meski sudah pemadaman listrik ini telah berjalan beberapa bulan, ia tidak terpikir menggunakan genset sebagai penyedia energi listrik untuk membantu usaha rental komputernya.
 Ia beralasan jika  memakai genset, mesin fotokopi dan perangkat komputernya  akan rusak.
¬†“Saya tidak setuju pemerintah mematikan listrik secara bergantian, bagaimana orang akan menanam modalnya jika listrik mati terus?” ujarnya yang berharap penuh kepada pemerintah untuk tidak sering-sering memadamkan listrik.
 Hal senada juga diungkapkan Syarifah (35), seorang penjahit di Pekanbaru, ia mengaku pemadaman listrik yang terjadi akhir-akhir merugikan dia.
¬†“Sejak PLN mulai memberlakukan pemadaman listrik bergilir, usaha saya mengalami penurunan produksi, yang biasanya saya dan karyawan bisa menghasilkan lima baju dalam satu hari, sekarang saya hanya bisa menghasilkan tiga baju bahkan kurang,” ujarnya.
  Dikatakan Syarifah, kadang ia pun harus memperkerjakan pegawainya sampai malam hari, karena mengejar target pelanggan menjelang lebaran yang meningkat naik.
 Sementara itu, kesulitan akibat pemadaman listrik bergilir ini juga menimpa Rosita, seorang ibu rumah tangga. Ia mengeluhkan bahwa kegiatan rumah tangga akan sangat terganggu apabila pemadaman terjadi  pukul 09.00 Wib pagi.
 Sebab, lanjut dia, terhambatnya ia bekerja di rumah berdampak pula terhadap kegiatannya yang lain sehingga memperlambat penyelesaian pekerjaanya dirumah.
¬†“Dirumah saya ada genset tapi itu dipergunakan untuk malam hari, hanya untuk hidupkan lampu,” katanya.
  Dampak pemadaman listrik juga sangat dirasakan pedagang kecil seperti yang dialami Sri (32), seorang pemilik warung kecil yang memakai listrik untuk kukuran kelapanya.
 Menurut dia, para pembeli yang ingin mengukur kelapanya terpaksa menunggu sampai listrik hidup lagi, atau malah pergi ke  pasar  atau tempat lain yang listriknya hidup.
¬†“Terkadang, padamnya listrik terjadi di pagi hari saat ibu-ibu ramai belanja, kemudian mereka tidak jadi untuk mengukurkan kelapanya, mereka pun jadi kesulitan kemana akan pergi mengukurkan kelapanya,” katanya.

kumpulan berita ku… (hasil liputan)..

28 Juli
PELANGGAN RAL TUNTUT HAK MEREKA

 Pekanbaru, 28/7 (ANTARA) РPuluhan pelanggan PT. Riau Airlines (RAL) mendatangi sejumlah agen perjalanan di Pekanbaru, Senin, untuk meminta kembali biaya tiket mereka terkait dibekukannya izin operasi maskapai penerbangan daerah tersebut.
 Beberapa agen perjalanan, seperti FIK, Grand Hawaii, Metro, Aras dan Malibu terlihat ramai didatangi pelanggan yang menuntut pengembalian biaya tiket mereka.
 Menurut keterangan salah seorang pegawai agen perjalanan PT Fik Tour and Travel, Anggi, bahwa tepat saat pemerintah mengumumkan pembekuan atas izin operasi RAL semua pelanggan yang telah membeli tiket di atas tanggal 28 Juli 2008 berhak meminta pengembalian biaya tiket.
¬†¬†“Seluruh pelanggan berhak meminta biaya tiket mereka dengan sistem ‘refund full’ atau pengembalian penuh
sesuai harga yang telah dibayarkan tanpa potongan apapun.” Kata Anggi.
 Ia mengatakan sistem ini adalah sistem yang diberlakukan RAL langsung tanpa batas waktu yang
ditentukan, karena masalah ini berhubungan dengan perbaikan manajemen RAL.
 Pihak Grand Hawaii, juga memberlakukan hal yang sama, bahkan pada hari ini perusahaan agen perjalanan itu langsung mencoba untuk mengajukan pengembalian biaya tiket kepada RAL, namun kendala justru datang
dari para pegawai RAL karena tepat pada hari ini seluruh pegawai sedang melaksanakan aksi demonstrasi di kantor
Gubernur Riau. Sehingga, pengembalian biaya tersebut baru bisa dilakukan pada hari Selasa, 29 Juli 2008.
¬†“Pihak RAL telah menyediakan dana sekitar Rp20 juta untuk klaim tiket,” Ungkap Desi seorang pegawai Grand Hawaii.
 Pihak agen perjalanan Metro mengatakan sampai sekarang belum menerima pelanggan yang meminta kembali biaya tiket mereka.
¬†“Namun, apabila mereka meminta kembali biaya tiketnya, kami menyarankan untuk langsung mendatangi kantor RAL,” kata Sony.
 Berbeda dengan tiga travel sebelumnya, Aras dan Malibu Tour and Travel, sama sekali tidak menjual tiket
di atas tanggal 28 Juli 2008.
¬†“Penjualan tiket RAL tidak terlalu baik. Sebab RAL hanya melayani penerbangan Tanjungpinang, Natuna dan Melaka. Dan, penerbangan tersebut sedikit peminatnya,” ungkap Firdaus dari Malibu Travel.
       ***

  
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH DIHARAPKAN BAWA VISI PERJUANGAN UMAT ISLAM

 Pekanbaru, 28/7 (ANTARA) РSebagai lembaga pendidikan Universitas Muhammadiyah (UMRI) diharapkan dapat membawa visi perjuangan umat Islam sehingga umat tidak kehilangan jati diri, kata Wakil Gubernur Riau H. Wan Abu Bakar MS di Pekanbaru, Senin.
   Saat meresmikan berdirinya Universitas Muhammadiyah tersebut, Wan mengatakan visi tersebut dapat tercapai apabila sarjana yang dihasilkan mampu memecahkan persoalan umat dimasa depan.
 Ia mengharapkan, UMRI dapat membawa pengaruh positif dalam bidang pendidikan dan peningkatan kualitas sumber daya manusia serta terciptanya kehidupan yang harmoni.
¬†“Adanya UMRI ini merupakan wujud kepedulian Muhammadiyah terhadap bidang pendidikan dan dapat menjadi konstribusi besar di Riau.” ungkap Wan.
 Sementara itu  Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Muhammadiyah Riau Sudirman mengatakan,  pendirian UMRI  merupakan niat yang sudah lama dan merupakan ide masyarakat Riau dan Muhammmadiyah untuk  pengembangan lembaga pendidikan.
¬†“Sudah sejak lama kami bercita-cita mendirikan¬† Universitas Muhammmadiyah, yang menjadi bagian dari
pengembangan lembaga pendidikan dari lanjutan Universitas MUhammmadiyah sebelumnya di sejumlah daerah. Hal ini merupakan satu langkah dan usaha besar Muhammadiyah.” ungkap Sudirman.
 Ia mengatakan, kampus UMRI yang didirikan sekarang merupakan kampus pertama dan pembangunan selanjutnya
berada di Kilometer 20 Panam.
 Perserikatan MUhammadiyah itu sendiri mencakup dua majelis pendidikan, yakni majelis pendidikan dasar di bawah
pimpinan Yahya Muhaimin, dan majelis penelitian dan pengembangan di bawah pimpinan DR. Khairul Anwar.
 Sejauh ini, perserikatan Muhammadiyah telah memiliki 160 Perguruan Tinggi, dengan 40 Universitas, UMRI merupakan
urutan yang ke 39, selanjutnya diikuti oleh Universitas Muhammadiyah Gorontalo. Rencana pembangunan selanjutnya dilakukan didua tempat
yakni, Banten an Tangerang.
 keberhasilan pun telah dicapai oleh seluruh Universitas MUhammadiyah yang ada di Indonesia, terbukti dengan
jumlah mahasiswa dari NAD sampai Jayapura yang berjumlah 300 ribu orang atau sekitar 10% mahasiswa Indonesia. Serta
beberapa Perguruan Tinggi di Indonesia yang memiliki mahasiwa di atas 10 ribu orang. Yakni, 12 ribu Universitas Muhammadiyah Sumut,
11 ribu Universitas Muhammmadiyah Palembang, 10 ribu Universitas Prof. Hamka (mitra), 22 ribu Universitas Muhammadiyah Purwakarta,
20 ribu Universitas Muhammadiyah Malang, 15 ribu Universitas Makassar, 13 ribu Universitas Ahmad Dahlan (mitra), dan 11 ribu
Universitas Yogyakarta.
¬†“Perserikatan Muhammadiyah memiliki dua kekuatan utama dalam amal usaha, yakni dalam bidang pendidikan dan kesehatan.” Ungkap DR. Khairul
Anwar, Ketua Pendidikan Tinggi Muhammadiyah. 
 

29 Juli..
KEMUNGKINAN GOLPUT AKAN SEMAKIN TINGGI

 Pekanbaru, 29/7 (ANTARA) РPilkada di Riau yang akan diadakan pada September 2008 ini banyak
mengundang perkiraan bahwa akan banyak terjadi ‘Golput’ di masyarakat. Hal ini lebih dikarenakan ketidakadaan
kepercayaan dari masyarakat terhadap partai politik yang ada sekarang.
 Partai politik dinilai tidak lagi bisa menjadi tempat penampungan aspirasi masyarakat,
tetapi lebih menjadi ajang ‘pesta pora’ yang tiada artinya. Kampanye labih dilakukan dengan berlebihan,
seperti mengikuti kegiatan yang ramai akan masyarakat, serta berusaha mendatangi kalangan
menengah keatas, untuk mendapatkan dukungan semata.
¬†“Terdapat empat hal dasar yang harus diperhatikan oleh para calon pemimpin rakyat, ataupun
partai politik tersebut, yakni sosiowil orang atau keinginan dalam diri masyarakat yang harus dipetakan agar
terarah, kemudian sosial demand atau tuntutan apa sebenarnya yang diajukan masyarakat. selanjutnya adalah sosial
need yakni kebutuhan masyarakt, dan sosial expectation yang merupakan harapan masyarakat akan calon
pemimpin mereka.” Ungkap Yose Rizal selaku Ketua Jurusan Sosiologi UNRI.
 Ia mengungkapkan apabila keempat hal dasar diatas telah dipegang teguh oleh para calon pemimpin daerah maupun bangsa,
para calon beserta partainya juga harus merealisasikan janji-janji yang telah dikumandangkan saat melakukan kampanye.
 Bila dilihat dari kacamata sosiologis, partai politik sudah jauh sangat mengecewakan masyarakat, karena semaraknya hanya terdapat pada proses
kampanye, namun setelah semua euforia itu semua selesai, partai politik sudah tidak perduli lagi dengan kepentingan masyarakat. sebagi contoh pada kasus
masyarakat didaerah siak kecil yang terlibat konflik lahan, tidak terdapat satu pun partai politik yang turun tangan. Partai politik diibaratkan hanya menjual segalanya
tanpa merealisasikan ke depannya, semua janji yang telah diucapkannya. Seperti program K2I Gubernur yang sama sekali tidak ada realisasinya.
 Masyarakat meramaikan pilkada hanya karena tertarik pada bantuan atau segala pemberian yang ditawarkan partai politik tersebut, tanpa meyakini bahwa
ini adalah merupakan pilihan hatinya. Segala janji partai politik hanya menjual janji kosong kepada masyarakat. Terbukti segala aspirasi masyarakat tidak semua ditampung
oleh seluruh partai politik yang terdapat di dalam anggota dewan. Kekecewaan masyarakat bersifat infolutif, yakni semakin lama, semakin dalam, jadi apabila digambarkan
masyarakat tidak lagi perduli dengan partai politik ataupun calon yang diajukan, karena mereka sudah menganggap sepele semuanya.
 Berbagai macam cara dilakukan oleh partai politik, namun sedikit sekali yang nantinya dapat dirasakan dampaknya bagi masyarakat. Masyarakat harus bertindak lebih tegas,
dengan memang memberdayakan segala sesuatu yang ditawarkan partai politik tersebut saat masa kampanye, karena banyak sekali yang ditawarkan kepada masyarakat
saat proses kampanye berlangsung.
 Biaya politik yang mahal juga menjadi kendala dalam kepercayaan masyarakat. Mahalnya biaya politik untuk bergabung dalam suatu partai politik tersebut mengakibatkan
calon-calon yang berkompeten tidak jadi ikut serta dalam PILGUB maupun PILPRES nanti. Kita akan kehilangan bibit-bibit unggu calon pemimpin dikarenakan biaya politik yang diterapkan partai.
Hal ini memang sangat membawa kekecewaan yang besar bagi masyarakat.
 Seorang calon pemimpin haruslah menjadi contoh bagi masyarakat dalam segala indikator, seperti pendidikan, ekonomi, kesehatan,
dan juga sosial. Bukan hanya sebagai pemimpin yang tidak bermakna apa-apa bagi masyarakat, bagi saat sekarang, maupun dimasa depan.

PENGGADAIAN YANG LARIS DIDATANGI PELANGGAN

 Pekanbaru, 29/7 (ANTARA) Рkenaikan BBM menjadi kendala besar di masyarakat. kebanyakan orang merasa segala kebutuhannya semakin sulit dipenuhi. Oleh karena itu momen-momen
yang menyulitkan masyarakat justru menjadi saat-saat dimana omset penggadaian meningkat.
¬†“Bila dikalkulasikan omset pada bulan Juni-Juli mencapai Rp 6M – Rp 7M, sedangkan untuk bulan Juli-Agustus mencapai Rp 7,5M – Rp 8M. Bisa jadi omset ini akan terus bertambah sampai dengan
akhir tahun. Sehingga omset tahun 2008 bisa mencapai target tahunan dengan sekitar Rp 72M.  Hal ini dikarenakan banyak sekali momen-momen yang berdekatan, seperti hari-hari besar (lebaran) sampai
pergantian tahun pelajaran.” Ungkap Ronaldi, Kepala Penggadaian Pekanbaru.¬†
 Tingginya minat masyarakat ke penggadaian sebanding dengan tingkat penebusan kembali oleh masyarakat. apabila di prosentasikan bisa kurang dari 1% dari yang mengajukan. Karena masyarakat
telah paham prosedur peminjaman disana. Setiap harinya surat kredit gadai yang keluar berkisar 120-200, sedangkan untuk pelunasan 100-150. terdapat keseimbangan antara yang menggadaikan dan penebusan
kembali.
 Masyarakat yang menjadi pelanggan lembaga penggadaian beragam, dengan kelas masyarakat yang juga beragam dari kelas menengah ke atas maupun menengah ke bawah. dengan tingkat pekerjaan yang
juga beragam. seperti  ibu rumah tangga, pegawai negeri maupun swasta, dan para pendatang ke Pekanbaru.
 Banyak langkah yang menjadikan lembaga penggadaian menjadi solusi dalam masalah di masyarakat, dengan mengatasi masalah tanpa masalah, dan pelayanan yang cepat, aman, dan nyaman. pelayanan
yang cepat dari penggadaian menjadikan penggadaian berbeda dari lembaga keuangan lainnya. 

30 Juli..

¬†PENGIKUT AHMADIYYAH PEKANBARU TAKUT RAYAKAN ISRA’ MI’RAJ

¬†Pekanbaru, 30/7 (ANTARA) – Jemaat Ahmadiyyah di Pekanbaru, Riau, mengaku masih ingin merayakan Isra’ Mi’raj,
tapi takut dipandang negatif oleh warga sekitar terkait pelarangan kegiatan dakwah Ahamdiyyah dari pemerintah melalui Surat Keputusan Bersama (SKB) tiga menteri.
¬†Berdasarkan pantauan di Mesjid An-Nasir, Gg Ahmadi Jalan Jenderal Sudirman, Kelurahan Sukaramai,Pekanbaru, Rabu, sama sekali tidak terlihat perayaan khusus guna memperingati Isra’ Mi’raj. Padahal, sejak Masjid itu ini telah berdiri sejak tahun 1950, tempat itu selalu menjadi tempat perkumpulan jemaat Ahmadiyyah Pekanbaru.
 Bangunan yang terletak di tengah perkampungan warga itu terlihat sepi. Tanpa ada sesuatu hal yang menandakan bahwa akan adanya acara khusus Perayaan Hari Besar Islam (PHBI) ini.
¬†“Kami memang belum ada mengadakan acara apapun dalam waktu dekat ini guna merayakan PHBI ini, namun niat
untuk melaksanakannnya memang sudah terlintas, namun kami sekarang sedang memikirkan bagaimana caranya melaksanakan
acara, tanpa mengganggu ketertiban warga terkait SKB tiga menteri tersebut,” kata Makmun selaku Imam di Masjid Ahmadiyyah
tersebut.
¬†Menurut dia, di dalam ajaran Ahamdiyyah juga terdapat perayaan Isra’ Mi’raj. Tetapi sejak terjadi pembekuan kegiatan ibadah Jemaat Ahmadiyah Indonesia (JAI), yang diperkuat Surat Keputusan Bersama (SKB) dan ditandatangani tiga menteri segala macam ibadah yang berhubungan dengan kegiatan Kaum Ahmadiyyah seperti dibatasi oleh pemerintah. Begitu pula dengan perayaan Isra’ Mi’raj. ¬†
 Ia menilai perayaan yang dilakukan anggota Ahamdiyyah lebih mengedepankan pada unsur esensi atau lebih berorientasi pada
pelaksanaan sholat lima waktu, yang merupakan inti dari Isra’ Mi’raj itu sendiri. Oleh sebab itu sampai saat ini belum ada rencana untuk melaksanakan perayaan khusus, namun mereka masih mempertimbangkan perayaan yang tidak mengganggu ketertiban masyarakat sekitar.
 Menurut pengakuan seorang warga disekitar masjid tersebut, kegiatan jemaat Ahmadiyyah masih ada. Setiap Jumat, jemaat Ahamdiyyah masih terlihat berkumpul guna melaksanakan ibadah sholat
JUmat, dan hal itu dinilai tidak meresahkan warga.  
¬†“Setelah dikeluarkan larangan resmi dari pemerintah, perkumpulan jemaat Ahamdiyyah memang berkurang secara signifikan,
apalagi dalam merayakan hari besar Umat Islam seperi Isra’ Mi’raj ini, sama sekali tidak tampak perayaan khusus yang kiranya akan dilakukan oleh para anggotanya.” Jelas Irwan, salah seorang warga yang tinggal di sekitar masjid Ahmadiyyah tersebut.
 
 
 31 Juli..

WAN ABU BAKAR AKAN LAKUKAN PERUBAHAN NYATA

 
 Perubahan, 31/7 (ANTARA) РH. Wan Abu Bakar MS meski hanya lima bulan menjabat sebagai Gubernur Riau mengantikan HM Rusli Zainal yang ikut dalam pemilihan kepala daerah, namun dia akan mampu melakukan perubahan nyata untuk daerah ini, kata seorang pengamat politik dari Universitas Riau Drs. Tiyas Tinov, MSi, di Pekanbaru, Kamis.
 Tinov yang juga Pembantu Dekan I Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (Fisip) Unri mengatakan, perubahan nyata yang dilakukan Wan Abu Bakar tidak lepas dari sikap Wan yang selama ini dikenal tegas dan jujur.
 Menurut dia, selama menjadi Wakil Gubernur Riau mendampingi Rusli Zainal, Wan lebih memilih berseberangan dengan pendampingnya dalam menentukan sikap terhadap suatu kebijakan
¬†“Wan Abu Bakar akan melakukan perubahan dalam pembenahan daerah yang bersifat pas porsinya, dalam artian tidak berlebihan namun tetap melakukan perubahan yang nyata untuk daerah ini,” kata Tinov.
 Menurut dia, selama menjadi Wakil
 

 Pekanbaru 31/7 (ANTARA) РMenjelang Pilgub 2008 yang akan dilaksanakan pada September 2008 ini, Wan Abu Bakar ditunjuk sebagai Gubernur pengganti GUbernur yang sebelumnya menjabat yakni H.M Rusli Zainal.
 Salah satu tugas wakil kepala daerah menurut UU No 32 Tahun 2004 sebagaimana diatur dalam pasal 26 ayat (3), adalah, wakil kepala daerah menggantikan kepala daerah sampai habis masa jabatannya apabila kepala daerah meninggal dunia, berhenti, diberhentikan, atau tidak dapat melakukan kewajibannya selama 6 (enam) bulan secara terus-menerus dalam masa jabatannya.
 Sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) yang menyebutkan bahwa apabila gubernur yang menjabat mencalonkan diri pada PILGUB sekarang, maka wakilnya harus menggantikan posisinya sampai gubernur selanjutnya terpilih. 
 Beliau resmi dilantik pada Kamis (31/7), di Pekanbaru. banyak pihak yang antusias akan kinerja Wan Abu Bakar dalam melakukan pembenahan pada Provinsi Riau yang terhitung akan menjabat selama lima bulan. Secara langsung akan terdapat perubahan pada struktur kelembagaan, terutama dalam tingkat Provinsi.  
 Menurut pendapat seorang pengamat politik dari Universitas Riau, mengungkapkan bahwa perubahan ke depan yang akan dilakukan oleh Wan Abu bakar akan memiliki porsi yang pas dalam melakukan pembenahan.
¬†“Bila dilihat dari karakter beliau yang telah lama berkecimpung di dunia pemerintahan, Wan Abu Bakar akan melakukan perubahan dalam pembenahan daerah yang bersifat pas porsinya, dalam artian tidak berlebihan namun tetap melakukan perubahan yang nyata, karena sebenarnya Perubahan tersebut bukanlah suatu hal yang bisa berlansung secara cepat, karena apabila perubahan yang signifikan haruslah memerlukan waktu yang lama, sekarang kita hanya berprediksi, kira-kira apa yang akan dilakukan beliau dalam lima bulan ke depan,” kata Drs. Tiyas Tinov MSi selaku Pembantu Dekan 1 (PD 1) Fakultas Ilmu Sosial dan POlitik (FISIP) UNRI.¬†¬†¬†¬†
 Peraturan Pemerintah yang telah ditetapkan tersebut diprediksikan memang harus dijalani dengan oleh GUbernur pengganti Wan Abu Bakar tersebut selama lima bulan ia menjabat, karena hal ini merupakan peraturan langsung dari pemerintah.
 Dia juga yakin dengan lima bulan ini Wan Abu Bakar akan melakukan pembenahan yang bisa jadi berarti di masyarkat sehingga gubernur yang kemudian akan melanjutkan jabatannya hanya menjadi penerus pemerintahannya saja.
¬†Dengan status sebagai Gubernur ‚Äė‚Äôpenuh‚Äô‚Äô (maksudnya bukan Plt atau Penjabat), maka Wan Abu Bakar dapat melakukan kewenangan sepenuhnya dalam kapasitas sebagai Gubernur. Dilihat dari perspektif masa sekarang, maka status sebagai Gubernur terasa menguntungkan bagi Wan Abu Bakar secara politis. Banyak hal yang bisa dilakukan karena mungkin semasa menjabat Wakil Gubernur tidak dapat mewujudkan keinginan itu dikarenakan terbatasnya kewenangan yang dimiliki oleh wakil kepala daerah.
 Berkaitan dengan adanya Peraturan Pemerintah yang membatasi wewenang pemerintah ini membuat wewenang Gubernur sementara ini menjadi dibatasi. Dengan artian bahwa ia bebas melakukan perubahan dengan melaksanakan otonomi daerah seperti layaknya seorang gubernur, namun tetap harus dengan batasan-batasan dari Mendagri yang memperhatikan tiga unsur utama, yakni PDA, luas wilayah dan jumlah penduduk.
 
 
 

1 Agustus..

ANIMO CALON MAHASISWA TERHADAP SNMPTN BERKURANG

 Pekanbaru, 01/08 (ANTARA) РAnimo mahasiswa yang akan memasuki bangku perkuliahan berkurang dibanding tahun kemaren. Para calon mahasiswa lebih tertarik mengikuti ujian masuk Perguruan Tinggi Negeri melalui ujian lokal ataupun jalur khusus.
 Penguman hasil SNMPTN tersebut bisa dilihat dengan dua cara, yakni pengumuman melalui koran dan akses internet. Namun pengumuman hasil SNMPTN tersebut dirasa kurang mendapat animo masyarakat seperti pada tahun sebelumnya.
 Menurut penuturan Santi, seorang penjual koran di pusat kota Pekanbaru, bahwa sedikit sekali tampak perbedaan penjualan koran yang terdapat pengumumna hasil tes tersebut. Walalupun memang berbeda dari hari bisanya.
¬†“Dari pagi saya menerima 50 eksemplar, namun yang baru terjual memang lebih dari separuhnya. Namun tidak langsung habis diserbu pelanggan seperti pada tahun lalu yang dari pagi saja sudah banyak yang membeli koran,” kata Santi.
¬†Hal yang sama juga disampaikan oleh Wati salah seorang penjual koran yang terdapat di Jalan Lembaga pemasyarakatan Pekanbaru. Ia mengatakan bahwa penjualan memang tidak sebanyak dari tahun lalu, yang lebih laris dari pagi. Namun memang terdapat perbedaan yang mencolok dari penjualan hari-hari bisanya, seperti koran Riau Pos yang terdapat pengumuman hasil SNMPTN tersebut,” kata Wati.
 Senada dengan penjualan koran tersebut, pengaksesan internet yang menjadi salah satu metode pengecekan hasil SNMPTN tersebut tidak terlalu meningkat. Ditandai dengan pengunjung yang mendatangi warnet tersebut tidaklah mengalami perkembangan yang terlalu signifikan.
¬†Menurut Chandra salah seorang penjaga ‘Fresh net’ di jalan Lembaga Pemsyarakatan menuturkan bahwa tidak tampak kenaikan pengunjung warnet, walaupun pengumuman tersebut bisa diakses dari jam 00.00, hany ada empat orang yang terlihat mendatangi warnet.
¬†“Jumlah pengunjung dilihat tidak mengalami kenaikan dari hari biasanya dirasakan biasa saja, karena memang sangat terasa perbadaan yang mencolok animo masyarakat tahun sekarang dengan tahun sebelumnya. Karena memang, dari tadi malam pengaksesan pengumuman tersebut mengalami gangguan pengaksesan. Kemudian pengunjung baru mulai mendatangi warnet kembali pada pukul 09.00 pagi,” kata Chandra.
 
UNRI SIAP MENYAMBUT MAHASISWA HASIL SNMPTN

 Pekanbaru, 01/08 (ANTARA) РPengumuman hasil SNMPTN tepat hari ini, Jumat, 1 Agusutus 2008 ini menjadi awal dimana UNRI harus siap manyambut calon mahasiswanya.
¬†“Sebanyak 1463 orang dinyatakan lulus dan manjadi calon mahasiswa UNRI. Dengan pembagian 171 orang di Ilmu Politik dan Sosial, Ekonomi 159 orang, Pertanian 75 orang, Hukum 63 orang, MIPA 154 orang, Perikanan dan Kelautan 370 orang, 76 orang Teknik, Keperawatan 25 orang, FKIP 329 orang, dan Kedokteran 38 orang,” Ujar Drs. Usman Mana, BcHk selaku Kepal Biro Adm. Akademis dan kemahasiswaan UNRI.
 Terdapat perbedaan yang mencolok mahasiswa yang diterima lewat SNMPTN dengan ujian lokal melalui jumlah pembayarannya. namun apabila mahasiswa yang telah diterima sebelumnya di ujian lokal dan kemudian lulus di SNMPTN, berhak memilih jalur mana yang akan diambilnya.
 Disamping itu, FISIPOL dan FEKON membuka jalur Bina Lingkungan yang diambil dari peserta yang tidak lulus pada SNMPTN namun memiliki nilaiH yang hampir mendekati angka kelulusan.

4 Agustus..

PASIEN RSUD KELUHKAN PELAYANAN YANG LAMA

 Pekanbaru (04/08) (ANTARA) РPasien RSUD Pekanbaru keluhkan pelayanan yang lama dari pihak RSUD Arifin Ahmad Pekanbaru. Puluhan orang mengantri dari pagi hingga siang untuk mendapatkan pelayanan dari pihak RSUD namun hingga siang mereka belum juga dapat dilayani.
 Hal ini bisa diakibatkan jumlah pengunjung yang datang ke RSUD tersebut memang terbilang cukup banyak untuk semua kategori pelayanan. Dari pagi, sekitar pukul 08.00 para calon pasien sudah ramai memadati RSUD tersebut hingga siang.
 Mereka semua rata-rata calon pasien yang berasal dari kelas ekonomi menengah ke bawah memang, oleh karena itu mereka rela mengantri dari pagi tanpa mengeluhkan pelayanan tersebut karena tidak dapat untuk berobat ke rumah sakit lainnya.
 Menurut salah seorang pasien yang sedang mengantri di POli Bedah Umum, Rosnawati, menuturkan bahwa ia telah mengantri dari pagi hingga sekarang, namun tetap saja antrian memang selalu ramai.
¬†“RSUD selalu dipadati pasien, dan pelayanannya juga tergolong cukup lama, tapi walau bagaimana pun saya tetap memilih RSUD karena saya tidak mempunyai biaya lebih untuk berobat di rumah sakit lain,” Kata Rosnawati.
 Kemudian pasien yang mengantri di bagian apotek juga mengeluhkan hal yang sama, proses pengambilan obat pun berlangsung lama, ia telah mengantri dari sekitar beberapa jam yang lalu, namun tetap saja belum dilayani.  
 Senada dengan pasien yang mengantri di pelayanan poliklinik dan apotek tersebut, para calon pasien yang akan dirawat inap pun mengeluhkan hal yang sama. Mereka mengeluhkan pelayanan dari RSUD yang lama untuk mendapatkan kamar.
¬†“Saya telah menunggu dari sekitar pukul 08.00 pagi namun sampai pukul 11.00 ini belum juga mendapatkan kepastian kamar. Kami masih saja tetap disuruh menunggu,” Kata Fatmawani seorang kerabat calon pasien RSUD.

 

5 Agustus..

KUOTA HAJI RIAU PENUH SAMPAI 2011

 Pekanbaru, 5/08 (ANTARA) РKuota haji untuk Provinsi Riau telah penuh hingga 2011 dengan jumlah pendaftar 23.640 orang sedangkan jumlah yang dapat diberangkat 23.593 orang dan 47 orang masuk daftar tunggu, kata Kabag Penyelenggaraan Haji Departemen Agama Riau HM.Saman.
 Menurut dia, setiap tahun kuota Jamaah Calon Haji (JCH) Riau sebanyak 5.010 orang, sementara kuota haji untuk empat tahun ke depan telah penuh karena banyaknya masyarakat yang mendaftar.
¬†“Dari data yang ada, jumlah pendaftar haji tahun ini mencapai 23640 orang. Akan tetapi berdasarkan porsi yang tersedia untuk Provinsi Riau yakni 5.010, ini berarti hingga 2011 kuota untuk Riau telah penuh,” kata Saman.
 Ia mengatakan, tingkat antusias masyarakat Riau menunaikan ibadah haji cukup tinggi dan karena itu, jika masih ada yang ingin mendaftarkan diri sebagai JCH dalam tahun ini akan dimasukkan ke dalam JCH untuk keberangkatan periode tahun 2012.
¬†“JCH yang baru harus antre lima tahun ke depan. Tingginya minat masyarakat Riau untuk naik haji disebabkan selain adanya peningkatkan taraf ekonomi juga kesadaran menjalankan perintah agama,” ujarnya.
 Perincian jumlah JCH yang telah terdaftar, baik yang pasti akan berangkat empat tahun ke depan maupun yang masuk dalam daftar tunggu, yakni untuk daerah Kota Pekanbaru sebanyak 5.724 orang, Kampar 3.158 orang, Bengkalis 2.313 orang, Indragiri Hulu 1.433 orang, Indragiri Hilir 3.053 orang, Dumai 1.259 orang, Rokan Hulu 2.200 orang, Pelalawan 1.238 orang, Rokan Hulu 1.213 orang, Siak 947 orang, dan Kuantan Singingi 1.102 orang.                ***

 

Jumlah JCH Pekanbaru diprediksi berangkat pada tahun ini, menurutnya, mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya. Sebab tahun 2007 lalu jumlah Jamaah Haji berjumlah 1.600 lebih.
 Diakui H.M saman, tingkat antusias masyarakat Riau menunaikan ibadah haji begitu tinggi. Karena itu, jika masih ada yang ingin mendaftarkan diri sebagai Calon Jamaah haji (JCH) dalam tahun ini akan dimasukkan ke dalam JCH untuk keberangkatan periode tahun 2012. Artinya JCH sudah antre selama lima tahun ke depan.
¬†‚Äė‚ÄôIni disebabkan selain adanya peningkatkan taraf ekonomi juga kesadaran beragama khususnya dalam menunaikan haji semakin tinggi,‚Äô‚Äô ujarnya.

happy bday to me :D

Happy..happy.. birthday to me.. narsis boooo’ tapi gak apa deh.. ūüėÄ
gak banyak kata deh.. semoga wish gw ato apa yang gw cita”in bisa tercapai.. n apa yang didoain dari orang” terdekat gw juga bisa terkabul.. ūüėÄ

di bawah ini adalah wish n harapan orang” terdekat gw tepat di tanggal 1 Agustus 08 ūüėÄ

las’Fams : adek.. jangan manja lagi yaa. ati” di kota orang,, jangan pernah lupa sama keluarga.. nurut ama mama,papa, mbak”.. (iyaaa mama, papa, mbak” ku.. adek bakal buktiin adek bisa.! adek gak akan pulang sebagai laras kundang) hehehe ūüėÄ

ticha ndut : dek.. semoga kamu bisa jadi anak yang lebih berbakti dan lebih dewasa. (heu tica emang semakin dewasa deh, apalagi wejangan nyaa) *best plen*

lya buntal : neng..moga tambah segala”nya.. cepet dapet pacar sesuai dengan yang dipengenin..tetep jadi yang terbaik buat keluarga n orang” sekitar..(thanx neng.. udah ada disamping aku selalu) *best sohib* ūüėÄ

Princess” : *fillen,tyas,irin* : chanyankquw..teteh ku..beb ku.. wish u all d best, tambah dewasa,semoga selalu sukses dan bahagia..(thanx yaa beb” ku ucapan, doa, dan perhatiannya..semoga kita selalu kompak untuk meramaikan nangor..) *best bebby”*

oyeeen emak kU : maaaaaaaaak..semoga murah rejeki, sehad selalu, enteng jodoh, rajin ibadah, makin dewasa, gak melawan ortu, kuliaa yang bener..(maaaaaaak,, doa ko banyak banged buat aku.. makasih yaa ucapan lewat sms nya juga..) *best emak*

raysaaa : bangun woi..ayo jalan”..akhirnya 18 taon juga.. (hahaha..booo’ kata” lu gak ada yang manis dikit apa?? hehehe) *best boo’ gw*

Gina : kakakkuuu.. met ultah yaaa. wish u all de best aja deh (haduh adek ku.. makin mau jadi dokter makin gak kreatip ih :P) *best adek*

uleee n elaaaa : adek.. makin dewasa n makin lucu yaa n cepet gede yaaaa..(haduh udah pada ngerasa tua yaaa) ūüėõ *best sist*

Vinda n Dini : teteh n beibh ku.. met ultah.. moga ceped daped cowok,, kesian gw ngeliat lu jomlo mulu.. (iyaaaaaaaa, makanya cariin dong) ūüėÄ *best sobad jurnal*

selvi : cece… tambah dewasa..tambah rajin.. tambah sabar dan lainnya deh.. hehehe (thanx yaa seleepi doanya banyak banget.. masih inget aku aja ni..)

nday maulana : do what u want to do.. i wish u luck! i hope u’ll have a great day everytime..happy b’day larasati jayani..(makasih yaa maulana :D)

Tira, Wahyu : larassss.. traktiran! (heeeeey..traktiran ajah yang lu pada inget) :O

teeeeeeeeeeengs ya semuanya..semoga doa yang udah di ucapin buat aku,, bisa aku usaha buat dijalani dan semuanya bisa tercapai..
maap buat ucapan” lain yang gak bisa disertain…tapi tetep aja gw ngucapin makasih banyak.. ūüėÄ

itu semua harapan dari orang” terdekat dan temen” gw..
dan inilah tentang gw..
*baru 18 taon kok (masih muda kan??)* ūüėÄ

« Older entries